SD Muhammadiyah 11 Dupak Surabaya kedatangan tamu anggota legiun veteran, Senin (14/1/2019). Para veteran ini saksi sejarah bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Mereka datang untuk sosialisasi JSN (Jiwa Semangat Nilai-Nilai Juang) 45 kepada siswa kelas 4 dan 5 SD Muhlas, sebutan SDM 11. Acara bertempat di aula sekolah.

“Meski sudah ompong, kaki linu, pandangan kabur, rambut memutih tetapi semangat membela perjuangan RI tetap berkobar,” kata salah satu veteran Muksin membuka acara.

Dalam acara itu siswa-siswi juga ditantang keberanian membacakan puisi kebangsaan. Muh.Hikmal kelas 4 mewakili peserta laki-laki dan Huruin kelas 4 mewakili peserta perempuan maju membacakan puisi Aku Anak Indonesia Tidak Mau Dijajah Lagi oleh Bangsa Lain.  Kemudian menonton film perjuangan Arek-arek Surabaya melawan Sekutu.

Veteran lainnya I Ketut Sedana menyampaikan, pemuda sekarang seperti anak-anak SD Muhlas  berjuang bukan mengangkat senjata, melainkan berprestasi dan menjaga keutuhan NKRI mulai dari Sabang sampai Merauke.

Kegiatan ini adalah program berkelanjutan oleh Pemerintah Kota Surabaya bersama Dinas Pendidikan Surabaya. Tujuannya memberikan wawasan kebangsaan sejak dini. Program ini diberi nama Veteran Mengajar.

Dihubungi terpisah Deni, staf ahli Dinsos Kota, mengatakan, program yang dicetuskan oleh Walikota Risma sudah berjalan tiga tahun. Diharapkan bisa berkelanjutan dan bisa bermanfaat bagi siswa SD sampai SMA untuk mengetahui sejarah langsung dari pelakunya. Khususnya juga memberi kesempatan para veteran untuk tetap aktif dalam kegiatan kemasyarakatan. (Muriyono)

Ketika Veteran Bertemu Anak-Anak, Ini yang Dilakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *